II. LATAR BELAKANG


2. LATAR BELAKANG
2.1. Yayasan Al Ikhlas
Yayasan Al Ikhlas didirikan untuk mengakomodir kebutuhan pendidikan yang islami bagi masyarakat muslim agar memiliki pendidikan dan kecakapan tertentu dan nilai plus mengenyam pendidikan kepesantrenan. Perhatian yang penuh diberikan oleh para pengurus Yayasan Al Ikhlas untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam melalui Madrasah Diniyah Berstandar Internasional (MDBI) Kampoeng Santri Al Ikhlas dengan cara membekali mereka secara maksimal dalam belajar, mengajar dan mengamalkan Alquran Al Kariim.
Perlu kami sampaikan, bahwa Yayasan Al Ikhlas berdiri pada tahun 2003 yang diawali dengan mendirikan pendidikan formal pada tingkat TPQ (Taman Pendidikan Al Quran), DTA (Diniyah Takmiliyah Awaliyah) dan DTW (Diniyah Takmiliyah Wustho). Serta bagi mereka dari kalangan yatim piatu atau dhu’afa, dibebaskan dari segala bentuk pembayaran sehingga para santri nyaman belajar di Kampoeng Santri.
Saat ini, dengan di dukung oleh para donator tetap dan tidak tetap, para santri tetap mendapatkan perhatian sebagai anak didik yang nantinya akan diasramakan sesuai dengan tujuan pembangunan Madrasah Diniyah Berstandar Internasional (MDBI) Kampoeng Santri Al Ikhlas. Untuk itu, kami mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk turut serta dalam mencerdaskan bangsa. Sehingga kelak mereka dewasa menjadi manusia yang berguna bagi agama, nusa bangsa.
Secara ringkas, tujuan didirikannya Madrasah Diniyah Berstandar Internasional (MDBI) Kampoeng Santri Al Ikhlas adalah sebagai berikut:
1. Ikut serta dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang tercantum dalam UU SISDIKNAS No.: 20 Tahun 2003 yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
2. Ikut serta mewujudkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang bermutu.
3. Mempersiapkan generasi mutafaqqih fiddien (memahami Islam dengan sebenarnya) yang ahli dzikir (menguasai ilmu-ilmu al-Tanziliyah) dan ahli fikir (menguasai ilmu-ilmu al-Kauniyah).
4. Membekali siswa dengan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (lisan dan tulisan) sebagai kunci dalam upaya menguasai ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu kontemporer modern.
5. Memberikan pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam kepada masyarakat sekitar khususnya, dan kepada bangsa Indonesia pada umumnya.

2.2. Lokasi Madrasah Diniyah Berstandar Internasional (MDBI) Kampoeng Santri Al Ikhlas
Lokasi yang akan dibangun perluasan sarana pendidikan Madrasah Diniyah Berstandar Internasional Kampoeng Santri Al Ikhlas dan asramanya ini, juga perluasan masjidnya terletak di:
Alamat        : JL. Karang Tineung Dalam No. 84 RT/RW: 01/04
Kelurahan     : Cipedes
Kecamatan     : Sukajadi
Kotamadya     : Bandung
Provinsi        : Jawa Barat – Indonesia 40162
Telepon        : +62(22) 2060870 – 2060850
E-mail        : kampoengsantri@gmail.com
Website    : http://www.kampoengsantri.wordpress.com atau http://www.kampoengsantri.co.cc
Sarana dimaksud sangat tepat dibangun lembaga pendidikan dan pusat dakwah islamiyah. Termasuk perluasan madrasah dan pembuatan asrama bagi para santri dari luar kota. Sebab pembangunan tersebut berada pada lokasi yang sangat mendukung serta strategis di tengah padatnya Kota Bandung untuk terjadinya proses pendidikan yang bermutu.

 

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s